5 Tips Sukses Memasarkan Bisnis Dari Hobi Anda

Semua orang pasti mempunyai hobi. Dari hobi tersebut saat ini sudah banyak orang yang menjadi sukses karena memanfaatkan hobi tersebut menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menarik. Hobi yang dijadikan sebagai ide untuk berbisnis bagi banyak orang, tentu terdapat alasan – alasan tertentu yang mendasarinya biasanya karena orang akan lebih mudah dalam mengelola bisnis dari bidang kegiatan yang sudah mereka tekuni sejak lama.


Hobi memang bisa dijadikan sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan. Banyak pebisnis juga yang sudah membuktikan kesuksesannya dari hobi. Tidak hanya senang karena dapat menjadikan keuntungan yang besar, tetapi usaha yang dimulai dari hobi ini akan sangat menyenangkan karena pekerjaannya telah sesuai dengan minatnya tersebut.

Apabila anda ingin merencanakan hobi anda menjadi sesuatu bisnis, pasti anda sudah banyak menyiapkan berbagai hal sebelum mengubahnya menjadi kenyataan bisnis. Seperti menetapkan nama identitas bisnis, bidang bisnis yang akan ditekuni, konsep bisnis setelah semua terencakan anda tinggal memikirkan bagaimana pemasaran bisnis anda kepada orang-orang umum. 

Untuk membantu anda dalam memasarkan bisnis yang dimulai dari hobi, di bawah ini ada beberapa tips pemasaran dalam bisnis sebagai berikut

5 Tips Agar Hobi Anda Jadi Bisnis yang Sukses

1. Promosi Online
Pada era digital saat ini, semua hal yang dilakukan bisa serba melalui online agar dapat memberikan kemudahan dalam pengaksesan. Salah satu manfaat hal ini dalam berbisnis adalah anda bisa menjangkau semua calon konsumen dengan cara yang mudah dan mempunyai cakupan pemasaran yang luas. Oleh karena itu manfaatkan teknologi internet ini dalam memasarkan serta mempromosikan bisnis anda. Buat strategi marketing produk anda yang menarik melalui internet kepada para pengguna internet.

Walaupun hobi anda tidak berkaitan dengan dunia online, manfaatkan kemajuan internet saat ini untuk menjaring dan berkomunikasi lebih dekat dengan konsumen. Contohnya anda mempunyai hobi mengolah tubuh, anda bisa memanfaatkan hobi dengan membuka tempat fitness dan memasarkan bisnis anda melewati media social atau website anda.

2. Bergabung dengan Komunitas
Menjalankan bisnis dari hobi memang cenderung mempunyai jangkauan pasar yang terbatas dan konsumen terbesar yang akan menggunakan produk atau jasa anda adalah seseorang yang memiliki hobi yang sama dengan anda. Walaupun begitu, optimislah bahwa bisnis anda tetap dapat berkembang.

Salah satu yang dapat anda lakukan adalah dengan membangun komunitas offline yang mempunyai kesamaan hobi. Pastikan anggota komunitas merupakan anggota aktif sehingga anda bisa menarik mereka menjadi konsumen bisnis anda. Berkumpul dengan komunitas juga akan sangat menyenangkan karena anda akan dengan mudah berbagi informasi yang berkaitan dengan hobi. Sehingga bisnis yang anda jalankan akan menjadi lebih menyenangkan dengan orang yang memiliki ketertarikan yang sama.

3. Kenali Perilaku Konsumen
Kenali dengan baik apa yang menjadi target pasar anda. Pahami kebutuhan serta perilaku konsumen sambil anda memasarkan bisnis secara online serta membangun komunikasi dengan komunitas dengan cara mengikuti tren yang sedang ramai oleh kalangan penyuka hobi yang sama.

Kemudian sesuaikan bisnis anda sesuai dengan tren hobi anda yang terjadi pada saat ini. Sebagai contoh tren dalam membentuk kebugaran tubuh tidak akan terus menerus sama. Pakailah peluang dari tren yang berlaku saat ini, sehingga bisnis yang anda jalankan akan terus inovatif, relevan, dan dekat dengan konsumen.


4. Perhatikan Pesaing Anda
Dalam membangun bisnis yang sesuai dengan hobi. Maka akan banyak terjadi persaingan ketat dengan kompetitor lain yang sama – sama membuka bisnis dari hobi yang sama pula. Perhatikan persaingan ini dan anda diharuskan jeli untuk melihat persaingan sebagai tantangan untuk semakin menumbuhkan bisnis anda. Selalu evaluasi bisnis anda dan jelilah untuk membuat inovasi yang tidak dimiliki oleh pesaing anda.


5. Kreatif dan Inovatif
Teruslah bertahan dalam bisnis yang sedang anda tekuni walaupun banyaknya persaingan dari bisnis yang sama. Konsumen akan cepat bosan apabila tidak ada sesuatu yang baru di dalam bisnis anda. Untuk itu teruslah untuk mengembangan ide yang kreatif serta inovatif dalam hal menawarkan produk, memberikan layanan kepada konsumen, dan membuat promo-promo yang menarik dari bisnis anda.

referensi : http://entrepreneurcamp.id/bisnis-dari-hobi/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Sukses Memasarkan Bisnis Dari Hobi Anda "

Posting Komentar