8 Kesalahan Terbesar dalam Marketing


Usaha anda sepi, kalah dengan kompetitor atau jualan anda kurang banyak peminat? Mungkin anda mengalami satu atau 2 dari kesalahan berikut. Yuks disimak 7 Kesalahan Terbesar dalam Marketing berikut :

1. Mengharapkan Pelanggan / Pembeli Datang Sendiri

Banyak orang menganggap pembeli akan datang sendiri jika produk kita bagus. Pemikiran salah tersebut sering dialami oleh pemasar produk. Bahwa dengan memiliki produk dan jasa yang berkualitas, maka pelanggan dengan sukarela akan datang dengan sendirinya. 

Hal ini Sangat mustahil di tengah persingan produk atau jasa yang kian ketat, kecuali jika Merk (Brand) Anda sudah terkenal dan punya pelanggan yang memang sudah loyal. Meskipun toko Anda terletak di lokasi yang super strategis, toko mewah dan menarik, banyak produk berkualitas dan layanan yang ramah, namun pelanggan tidak akan datang selama Anda tidak melakukan pemasaran. Mereka tidak akan kenal dengan Usaha anda tanpa promosi

2. Tidak Punya Target Pasar Spesifik

Kesalahan kedua adalah anda menganggap produk dan jasa anda cocok dan bagus untuk semua orang, sehingga anda tidak fokus dalam hal promosi, semua di sikat, Semua orang anda jualin, semua anda tawarkan produk dan jasa anda. Ingat Produk dan Jasa memiliki pasar sendiri-sendiri, anda harus tentukan produk mana yang cocok untuk kalangan atas, jasa mana yang cocok untuk segmen pasar menengah, dan produk apa yang cocok untuk pasar menengah ke bawah dan sebagainya. Anda harus benar-benar menganalisis produk anda meliputi : umur, jenis kelamin, golonga, pekerjaan dan lain-lain. 

3. Meniru Teknik Marketing Kompetitor ( Pesaing )

Kesalahan ketiga adalah sering kali meniru teknik marketing Kompetitor dan sering terjebak untuk mengikuti strategi pemasaran pesaing. Misal Pesaing melancarkan strategi pemasaran A, yang kemudian sukses besar, sehingga pemasar tergoda untuk melakukan A juga. Padahal, mungkin pesaing Anda lebih besar, sehingga jika Anda bersaing langsung dengannya, maka peluang Anda menang kecil. Solusinya anda bisa menggunakan strategi lain yang tidak disentuh pesaing anda. 

4. Riset dan Pengujian yang Kurang

Kesalahan keempat adalah riset dan pengujian yang tidak memadai sebelum dilakukannya aktivitas pemasaran. Caritahu apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan pelanggan. Lakukan Test dan Ukur sebelum Anda mengambil keputusan terkait dengan pemasaran, baik itu harga, penawaran, kemasan, promo, dan lainnya. Dapatkan feedback dari para pelanggan Anda sebelumnya.

5. Menganggap Pemasaran Sebagai Beban

Kesalahan yang juga fatal adalah perusahaan seringkali memandang pemasaran sebagai beban, bukan sebagai investasi. Akibatnya, perusahaan tidak mengalokasikan sumber daya yang cukup ke bidang pemasaran. Pemasaran tidak menjadi bagian penting dari strategi bisnis. Sehingga, akibatnya uang yang masuk ke perusahaan juga kurang. Alokasikan dana untuk pemasaran yang proporsional

6. Tidak Tahu Acquisition Cost Pelanggan

Kesalahan yang juga sering terjadi adalah manajemen tidak mengetahui betul berapa biaya untuk mengakuisisi seorang pelanggan. Sehingga, tidak ada pula statistic yang mengukur customer lifetime value. Padahal, informasi ini penting untuk mengambil keputusan pemasaran. Dengan mengetahui biaya akuisisi pelanggan dan customer lifetime value, maka Anda akan tahu seberapa banyak Anda harus berinvestasi di pemasaran.

7. Hanya Fokus Pada Pelanggan Baru, Bukan Mempertahankan

 Pelanggan lama hilang, sementara biaya mencari pelanggan baru lebih tinggi, akibatnya tentu kurang baik secara finansial. Dengan mempertahankan pelanggan berarti anda telah menghemat budget promosi

8. Masih Mempertahankan Cara Promosi yang Jadul.

Generasi sekarang sudah berubah 180 derajat dalam hal belanja produk atau jasa. Mereka akan mencari referensi di internet terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membeli sesuatu. Sudahkan usaha anda promosi via internet? minimal memiliki website atau blog ? Jika belum anda perlu mencoba cara promosi dengan metode online  ini. Anda Bisa Buat Blog / website melalui Jasa Pembuatan Website. Jangan egois dengan teknik marketing jadul anda yang sudah tidak efektif dan ketinggalan jaman.

Semoga kesalahan diatas bisa segera anda evaluasi dan tangani dengan cepat. Agar usaha anda makin melejit dan sukses. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "8 Kesalahan Terbesar dalam Marketing"

Posting Komentar