Cara Promosi dari mulut ke Mulut


Promosi yang paling sering kita jumpai adalah promosi dari mulut ke mulut. Promosi bisnis ini terjadi karena adanya interaksi antara penjual dengan pembeli, atau juga dari pembeli dengan orang lain. Yang selanjutnya bisa sambung menyambung dari mulut ke mulut.

Sejak zaman dahulu sebelum ada kemajuan teknologi, promosi inilah yang dilakukan. Dan sampai sekarang pun terbukti ampuh dan manjur. Karena promosi dari mulut ke mulut bisa dibilang promosi berupa rekomendasi dari konsumen ke orang lain.

Agar tercipta Cara promosi dari mulut ke mulut yang pertama yang harus kita lakukan adalah 

  1. memberikan kepuasan kepada konsumen ataupun calon konsumen. Catatlah motto " anda puas kami lemas" he..he..
  2. memberi diskon pada event, hari, ataupun yang lain, Misalnya saja dihari ulang tahun. Khusus pelanggan toko kami. Akan mendapatkan diskon belanja  1 juta. dan lain sebagainya.
  3. Memberi kupon belanja kepada konsumen agar mereka kembali ke tempat kita untuk membeli, atau setidakknya kupon itu diberikan orang lain.
  4. Terima masukkan yang sekiranya baik dari pelanggan untuk usaha kita, biasanya kita melihatnya di supermarket dengan adanya kotak saran dan kritik ataupun masukkan.
  5. Selalu update produk-produk terbaru.
Cara promosi dari mulut ke mulut yang memanfaatkan internet adalah situs  jejaring sosial  seperti facebook ataupun twiter.
Misalnya saja begini dengan seseorang mengupdate statusnya: "Aku barusan makan di Rumah Makan "sederhana jalan Patimura, menunya enak, murah lagi...". Jejaring sosial ini juga bisa digunakan untuk promosi dari Mulut ke mulut. Biasa juga disebut Viral Sistem

Dampak besar cara promosi dari mulut ke mulut:
  1. Dengan promosi dari mulut ke mulut yang kuat, maka konsumen yang datang adalah konsumen yang siap beli, siap tawar dan tentunya siap melakukan transaksi jual-beli.
    Betapa indahnya ini, karena tugas kita tinggal melakukan closing. nah dari sana kita bisa mendapatkan keuntungan, bahwa konsumen digerakkan oleh konsumen yang lain.
  2. Terbukti dari promosi mulut ke mulut akan menciptakan peluang lebih besar untuk mencetak pelanggan baru dengan loyalitas tinggi bahkan kadang mereka membentuk komunitas sendiri.
  3. Waktu atau durasi penjualan menjadi pendek, mungkin saja sebelum iklan gencar, sudah ada yang telpon dan memesan produk kita.
  4. Brand Image, sebelum diiklankan pun jika promosi dari mulut ke mulut berjalan secara alami, maka brand lah yang menjadi fokus pembicaraan, sehingga kita diuntungkan, tinggal iklan kita yang memolesnya
Semoga bermanfaat
Joko Muryanto

Like Fan Page Belajar Wirausaha dan Bisnis Internet, untuk mendapatkan update artikel kami terbaru langsung ke Facebook Anda silahkan like di sini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Promosi dari mulut ke Mulut"

Posting Komentar