Install printer HP Laser Jet P1006 di Windows 7

Cara install printer HP Laser Jet P1006 di Windows 7 memang cukup rumit. Printer HP Laser Jet P1006 tergolong printer jenis lama. Maka ketika kabel usb dihubungkan ke port usb printer ini tidak dapat di-detech. Windows 7 sendiri punya kelebihan langsung mendetech printer dan dpt langsung digunakan tanpa harus install driver.

Beberapa waktu lalu saya diberi kepercayaan untuk jadi operator opscan. Dan salah satunya diberi pinjam laptop "terinstall windows 7" dan sebuah printer HP Laser Jet P1006. Namun belum ter-install sehingga tidak langsung bisa digunakan, untungnya saja sudah ada master driver HP Laser Jet P1006.

Saya coba install ternyata menemui kendala, karena driver selalu gagal di-install. Sudah sesuai urutan install dan selalu terhenti ketika driver meminta mengkonekkan printer ke komputer. Sudah hubungkan ke laptop dan printer dihidupkan, ternyata printer tidak bisa kedetect. Karena malas sama pun menundanya.


Nah..bingungnya ketika printer harus dipakai keesokan harinya, mau gak mau printer ini harus bisa digunakan. Sama coba install tetap gak bisa. Cari-cari belum ketemu. Akhirnya saya telpon teman spesial saya, menanyakan hal ini. Nah berikut caranya:
  1. Install driver seperti biasa, install driver akan gagal ketika komputer meminta untuk mengkoneksikan printer ke komputer, walaupun printer sudah dihidupkan. Biarkan saja sang installer gagal, yang penting driver sudah diekstrak di folder tersebut.
  2. Pada halaman depan, Klik Start kemudian klik kanan Computer pilih Manage.
  3. Akan tampil Computer Management. Pilih Device Manager. Cari device printer HP yang masih bertanda ‘pentung’ berwarna kuning, yang berarti driver belum pas.
  4. Klik kanan device tersebut, kemudian pilih Update Driver Software.. Cari dimana driver printer tersebut disimpan misal: D:\master\driver HP.
  5. Klik OK, dan ikuti langkah selanjutnya.
  6. Printer siap dipakai. 

Sewaktu mencari device printer HP cari seteliti mungkin, buka semua tanda segitiga. Jika tidak ada tanda berwarna kuning cari tanda dengan model yang lain dan pastika itu dari Printer HP.
Panduan memperbaiki Printer yang lainnya bisa anda dapatkan disini http://teknisikomputer.ilmupemula.com/

Demikian semoga bermanfaat.



0 komentar:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Google+ Badge

Komentar para blogger