Model Bisnis Di Internet

Model bisnis di internet bermacam-macam, tetapi secara umum ada 5 kategori Model bisnis di internet ini. Nah tergantung kita mau memilih bisnis di Internet yang bagian mana. Model bisnis di internet ini tentunya menghasilkan. Dan terkadang harus kita sesuaikan juga dengan minat dan bakat dari diri kita masing-masing.

Ok. langsung saja saya kupas 5 Model Bisnis di Internet ini satu persatu.

1. Menjual Produk Sendiri ( Sell Your Own Product).

Menjual produk sendiri ini bisa merupakanhasil produksi anda sendiri atau orang lain. Model bisnis ini sangat populer di Indonesia pada tahun 2001 yaitu menjual E-Book. Sekarang pun juga masih menjadi pilihan.

Produk yang dijual dari model bisnis ini pun beragam, bisa berupa E-Book, Software, Membership, MP3, Toko Online dan beberapa jenis lainnya. Produk ini berupa produk fisik ataupun produk digital.

Amazon dan Ebay salah satu contoh Toko Online terbesar di dunia yang menjalankan bisnis di Internet dalam kategori ini.

2. Menjual Jasa/Servis ( Sell Your Own Services)

Menjual Jasa/keahlian/keterampilan juga bisa dilakukan via Internet. Model bisnis ini memudahkan kita karena kita tidak perlu bertatap muka langsung dengan pelanggan. Jika ingin memulai bisnis ini setidaknya kita siapkan portofolio kita sebagai bahan pertimbangan calon clien Anda.

Contoh: Jasa Membuat website, Jasa membuat blog, Jasa SEO, Jasa pembuatan E-book, Jasa Desain Banner, Desain Cover, Desain website, Jasa pemangan iklan, Jasa pembuatan Software dan lainnya.



3. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah menjual atau mereferensikan atau jasa orang lain dengan imbalan untuk setiap penjualan yang terjadi (pay per sale), untuk setiap lead/prospek yang diberikan (Pay Per Lead) atau untuk setiap klik yang dilakukan (Pay Per Click).

Komisi yang didapat untuk setiap jenis berbeda-beda. Antara 10% sampai dengan 100% . Network Marketing juga termasuk dalam kategori ini. Di Indonesia sendiri banyak sekali produk-produk yang bisa kita pasarkan.

4. Contextual Advertising

Dalam kategori ini kita memanfaatkan blog ataupun website untuk dipasangi iklan, tentunya website atau blog ini harus ramai dikunjungi setiap harinya. Semakin ramai website anda maka semakin mahal nilai yang harus dikeluarkan untuk pemasang iklan.

Iklan yang di pasang di website kita bisa berupa iklan teks, iklan gambar (banner), Video. Umumnya iklan yang dipasang harus relevan dengan isi / tema website. Penghasilan kita didapat dari biaya sewa perbulan ataupun perklik (pay per click)


5. Site Flipping

Adalah transaksi jual beli website. Jika anda mempunyai kemampuan memoles website, Anda bisa memanfaatkan keahlian anda untuk bisnis dengan model ini. Contohnya: Anda membeli website dengan karga beli yang rendah, kemudian kita memolesnya untuk dijual dengan harga lebih tinggi.

Berdasarkan kelima model bisnis diatas adakah yang cocok dengan Anda?
Umumnya untuk seorang yang masih newbie dan ingin berbisnis di Internet model bisnis yang ke 3 yang paling cocok. Kesimpulan ini saya ambil dari pengalaman-pengalaman orang lain yang berbisnis di internet. Dan dari komentar-komentar diblog orang lain.


Baca juga postingan saya yang lain:

Tips Sukses dari saya ada 10 (bagian 1)
Tips Sukses dari saya ada 10 (bagian 2)
Bagaimana Menghemat Uang
E-book Gratis Panduan Iklan Efektif Efisien


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Model Bisnis Di Internet"

Posting Komentar